Jam Kerja Pagi 08:00 sampai Sore 17:00
Untuk konsultasi hubungi : BBM : 54C0E667
SMS: 085881007310
HP: 085710408534

Sunday 21 February 2016

Macam-macam kemasan paket


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap barang yang akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi seperti Pos, Wahana,  Tiki, Elteha dan lain-lain perlu di kemas dengan rapi, tetapi yang paling penting bukan kerapihannya melainkan keamanan dan kekuatannya agar barang tidak sampai rusak karena benturan atau tumpukan barang lain. Berikut ini adalah cara-cara mengemas barang paket yang biasa ditawarkan  oleh ekspedisi WAHANA, adapun pilihannya tentu saja tergantung persetujuan dengan konsumen karena untuk fasilitas packing ini ada biaya tambahannya, yaitu biaya kemasan ( packing)  yang besarnya  tergantung bahan yang akan dipergunakan, bila menggunakan peti kayu harga kemasan bahkan bisa dua kali lipat dari ongkos kirim.

Amplop atau kertas pembungkus dapat digunakan untuk mengemas barang yang tidak terlalu memerlukan perlakuan khusus dan tidak mudah rusak apabila tertumpuk dengan barang lainnya yang lebih berat. Penggunaan amplop coklat atau kertas kado untuk pengemas barang yang akan dipaketkan diantaranya adalah: dokumen, surat-surat, pakaian, handuk, buku, majalah dan lainnya.
 
Kardus dapat digunakan untuk mengemas barang seperti flashdisk, tas, makanan, obat-obatan, parfum, atau aksesoris pernak-pernik. Biasanya kardus memiliki ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan terhadap benda yang akan dimasukkan kedalamnya. Kardus juga dapat digunakan sebagai pengemas langsung atau sebagai pengemas tambahan.
 
Styrofoam dapat digunakan sebagai pelindung dalam kemasan, terutama digunakan untuk meredam getaran dan benturan dari benda-benda yang sangat sensitif, selain juga dapat berfungsi untuk menahan tekanan. Styrofoam dapat berbentuk box, lembaran, berbentuk bola-bola kecil, berbentuk jaring-jaring, atau berbentuk kotak. Penggunaan styrofoam untuk pengemas barang yang akan dipaketkan seperti: buah-buahan, telur, barang elektronik berukuran besar, piring, porselen, dan barang pecah belah lainnya.
 
Bubble Wrap memiliki fungsi sama seperti halnya styrofoam, penggunaannya untuk meredam getaran dan penahan goncangan. Bubble Wrap biasanya banyak digunakan untuk melindungi barang elektronik yang ukurannya kecil dan berbobot lebih ringan, misalnya kit elektronik, handphone, dan sparepart komputer seperti motherboard, vga card, dan hardisk.
 

Peti kayu biasanya berfungsi sebagai pengemas ekstra, sebagai pelindung terluar dari barang yang sudah dikemas dengan kardus atau styrofoam, terutama untuk barang pecah belah dan barang elektronik. Peti kayu bisa berupa rangka yang dibuat dari papan yang memiliki jarak atau celah, maupun berupa kotak kayu yang tertutup rapat. Penggunaan peti kayu untuk mengemas barang yang akan dipaketkan sangat disarankan, terutama apabila tujuan pengiriman di luar pulau yang biasanya melalui jalur laut atau udara.
  

2 comments: